Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
11/01/09

Tujuan dan Manfaat Ergonomi

Diposkan oleh Ergonomi

Ergonomi adalah ilmu tentang manusia dan lingkungan untuk meningkatkan kenyamanan saat melakukan aktivitas kerja. Istilah ergonomi berasal dari kata Yunani yaitu ergon berarti kerja dan nomos yang berarti aturan. Ergonomi didefinisikan sebagai penerapan ilmu biologi manusia bersama-sama dengan ilmu rekayasa untuk mencapai penyesuaian bersama antara pekerjaan dan manusia secara optimum dengan tujuan agar bermanfaat demi efisiensi dan kesejahteraan (ILO, 1998). Salah satu definisi ergonomi yang menitikberatkan pada penyesuaian desain terhadap manusia dikemukakan oleh Annis & Mc Conville (1996) dan menerapkan informasi menurut karakter manusia, kapasitas dan keterbatasannya terhadap desain pekerjaan, mesin dan sistemnya, ruangan kerja dan lingkungan sehingga manusia dapat hidup dan bekerja secara sehat, aman, nyaman dan efisien. Sedangkan Pulat (1992) menawarkan konsep desain produk untuk mendukung efisiensi dan keselamatan dalam penggunaan desain produk. Konsep tersebut adalah desain untuk reliabilitas, kenyamanan, lamanya waktu pemakaian, kemudahan dalam pemakaian, dan efisien dalam pemakaian.

Hal senada juga diungkapkan Kroemer yang mengatakan bahwa, di dalam ergonomi prinsip,metode dan data ilmiah dari berbagai disiplin diaplikasikan untuk mengembangkan sistem perekayasaan dimana manusia memainkan peranan penting (Kroemer, et al. 1994). Oleh Murrel dan kawan-kawan, fungsi ergonomi mereka rumuskan sebagai “Studi ilmiah tentang perkaitan antara orang dengan lingkungan kerjanya” (the scientific study of the relationship between man and his working environment). Penerapan ergonomi pada umumnya merupakan aktifitas rancang bangun (design) ataupun rancang ulang (redesign). Sementara itu Granjean berpandangan bahwa dalam ergonomic perancangan haruslah menganut prinsip fitting the task to the man, yang berarti bahwa pekerjaan harus disesuaikan dengan kemampuan dan keterbatasan manusia sehingga hasil yang dicapai dapat meningkat (Grandjean, 1984; Tayyari and Smith, 1997).

Reference
Annis, J.F. and McConville, J.T. 1996. Anthropometry. In: Bharattacharya, A. and McGlothlin, J.D. editors. Occupational Ergonomics Theory and Application. New York: Marcel Dekker Inc. p. 1-46.
Grandjean, Fitting The Task to The Man : An Ergonomic Approach. (London : Taylor & Francis Ltd. 1984)
ILO. 1998. Encyclopedia of Occupational Health and Safety. In: Stellman. Editor. Geneva.
Kroemer, K., Kroemer, H. and Kroemer-Elbert, K. 1994. Ergonomics, How To Design for Ease & Efficiency. New Jersey: Prentice Hall. Englewoods Clifts
Pulat, BM. 1992. Fundamental of Industrial Ergonomic. Prectise Hall Englewood Cliffs New Jersey
Tayyari, F. and Smith, J. L. 1997. Occupational Ergonomics Principles and Applications. New York: Chapment & Hall

0 komentar:

Poskan Komentar